1

Apakah pijat bayi / balita itu?

Pijat bayi adalah sentuhan dan remasan lembut dengan ritme tertentu pada tubuh bayi dengan menggunakan tangan. Sebagai bagian dari kegiatan rutin, dengan melakukan pijat bayi /balita  anda bisa menstimulasi tungkai, pergelangan tangan, dan jari-jari bayi. Sentuhan lembut tangan ini akan merangsang produksi hormon oksitosin  dalam  diri anda, bayi anda, dan juga pasangan anda apabila ia menyaksikan kegiatan pijat bayi ini. Oksitosin adalah hormon yang menimbulkan perasaan hangat dan perasaan cinta saat anda menggendong bayi atau menyusuinya.

balita

Apabila orangtua selalu memperhatikan tumbuh kembang buah hati, maka pijat adalah  salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pada bayi dan balita anda untuk merangsang perkembangannya. Manfaat pijat juga banyak, pijat pada bayi bisa membuatnya jarang menangis atau mengurangi intensitasnya untuk menangis. Terutama bagi para bayi yang sepertinya senang sekali menangis hanya untuk menarik perhatian orangtua. Pijat juga bermanfaat untuk menaikkan berat badan pada bayi atau balita, membuat bayi mudah tertidur lelap, dapat melatih perkembangan motorik anak seperti kontak mata dengan ibu dan sebagainya.

Beberapa manfaat pijat antara lain membantu bayi untuk buang air besar jika pijat pada bagian perut. Lalu pijat juga berfungsi untuk mengurangi level stress pada anak Anda.

Nah jika sudah mengetahui manfaat pijat yang cukup banyak, Anda tak perlu ragu memijat bayi atau balita secara teratur. Berikut ini terapi pijat pada bayi dan balita yang bisa Anda lakukan dan pahami.

Apa manfaat dan keuntungan Pijat Bayi        
Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh pijat bayi, tidak hanya untuk si Kecil saja, tetapi juga untuk Ibu dan Ayah. Pijat bayi terbukti membantu si Kecil, dalam beberap aspek. Antara lain:

  • Perkembangan bayi secara fisik,mental dan sosial.
  • Menjaga agar si Kecil tetap rileks dan mengurangi stress
  • Tidur lebih nyenyak
  • Memperlancar sirkulasi darah. memperkuat ikatan batin(attachment) antara bayi dan Anda
  • membuat bayi tetap rileks dan tidak mudah rewel
  • bayi akan lebih jarang menangis
  • bayi bisa tidur lebih pulas

Pijat bayi juga sangat dianjurkan untuk bayi prematur, terutama dalam:

  • Menambah berat badan. Pijat menstimulasisaraf vagus yang menghubungkan otak dengan bagian penting tubuh. Stimulasi yang diberikan ke saraf tersebut dapat memperlancar pencernaan, membantu bayi untuk menambah berat badan.
  • Kecepatan detak jantung yang lebih stabil.
  • Kestabilan dalam kinerja otak.

Ada pula teori yang mengatakan bahwa sentuhan dan kontak kulit bisa membantu merangsang dan menstimulasi perkembangan otak bayi.

Dengan memijat bayi, Anda juga akan merasakan perubahan mood yang positif dan membuat Anda merasa lebih memiliki kemampuan menjadi orangtua. Waktu yang Anda luangkan untuk melakukan pijat bayi merupakan saat-saat istimewa Anda bersama Si Kecil.

Saat Anda memijat bayi, Anda pasti akan berbicara dan melakukan kontak mata dengannya. Ini adalah salah satu manfaat pijat bayi yang bisa membantu ibu yang mengalami depresi pasca melahirkan (postnatal depression).

Pijat bayi juga bagus untuk para Ayah. Umumnya seorang ayah jarang menghabiskan waktu dengan anaknya, terutama bila mereka bekerja di kantor dan Si Kecil ASI Eksklusif. Kegiatan pijat bayi yang dilakukan rutin oleh Ayah pada saat sebelum tidur malam bisa mendekatkan hubungan Ayah dan bayinya.

Kapan saat yang tepat untuk pijat bayi ?

Pilihlah waktu memijat di antara waktu menyusuinya, supaya ia tidak berada dalam kondisi yang terlalu lapar atau terlalu kenyang. Bisa juga dilakukan saat sebelum ia tidur siang. Saat yang tepat untuk memijat bayi adalah ketika ia bangun tapi tenang (tidak rewel). Mungkin Anda akan bingung menentukan kapan saat yang tepat terutama bila bayi Anda sering tidur dan selalu menyusu. Lama-lama Anda akan bisa menentukan kapan saat yang paling tepat untuk memijat Si Kecil. Anda bisa menjadikannya kegiatan rutin sebelum tidur, misalnya sesudah seka sebelum menyusui (sebelum tidur malam). Pijatan sebelum tidur akan membantu menenangkan bayi setelah menerima banyak stimulasi di siang hari dari lingkungan sekitarnya dan siap untuk tidur pulas